Sabtu, 19 November 2011

Pembelajaran

Bagaimana membuat kelas yang menarik ?

Seluruh guru pasti akrab dan tidak asing lagi dengan yang namanya RPP, terlepas apakah dibuat hanya sebagai formalitas atau betul-betul dijadikan pedoman ketika akan mengajar di kelas.
Jika diamati lebih jauh isi dari kandungan RPP dan kita gabungkan dengan filosofi dari kurikulum KTSP,maka akan kita dapati 3 bagian besar yang harus diperhatikan :
1. Pengalaman Belajar
2. Media Belajar
3. Penilaian

1. Pengalaman Belajar.
Kita yakin semua metode belajar yang dibuat oleh para ahli dimaksudkan untuk tidak membuat siswa bosan  dan jenuh dengan pembelajaran, sehingga perlu kejelian dan analisa yang mendalam dari para pendidik untuk memilih metode belajar yang tepat pada setiap RPP nya.
Metode belajar ini erat kaitannya dengan Pengalaman belajar yang harus dialami oleh para siswa sesuai dengan tipe materi yang disampaikan dan tingkat pemahaman dari para siswanya.
Banyak sudah buku-buku yang bertebaran di toko buku dan di internet yang membantu kita untuk dapat membuat pengalaman belajar yang menarik bagi siswa sehingga siswa betul-betul mengalami dan senang ketika belajar.
Banyak contoh pengalaman belajar yang dapat dikembangkan, misalnya di pelajaran matematika; siswa dapat diajak untuk bermain pasar-pasaran sambil mengenalkan dan melatih konsep aritmatika sosial,bermain sulap untuk melatih kemampuan operasi hitungnya,atau menggambar untuk melatih kemampuan geometrinya.
Jika pengalaman belajar ini muncul dalam kegiatan inti yang ditulis oleh para guru di RPP masing-masing maka kita bisa bayangkan bagaimana kreatifnya siswa kita nanti .
bersambung.....

Eko Suprihantomo



Tidak ada komentar:

Posting Komentar